Pages

catatan sedikit...

Assalamu’alaikum

Jangan memuji kecantikan pelangi
Tapi pujilah Allah
Yang menciptakan Langit dan Bumi

Jangan percaya
Denga kata-kata bijakku
Tapi percayalah Firman Allah yang Maha Benar

Jangan masukkan namaku di hatimu
Tapi masukkan nama Allah
Hingga hatimu tenang

Jangan sedih jika cintamu di dustakan
Tapi sedihlah jika engkau dustakan Allah
Jangan pula engkau minta cinta kepada penyair
Tapi mintalah kepada Allah
yang memiliki cinta yang kekal dan sejati

Ya Allah yang Maha Rahman dan Rahim
Jangan jadikan hatiku batu yang mengeras
Hingga lupa akan rahmatMu


Untuk Hidup.
Aku meresapi arti hadist dari tauladan kita Rasulullah SAW.
Bahwa "Sebaik-baik kalian, adalah yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain".

Catatan..

-------------------------
Bagaimana jika Allah takdirkan, hidupku hanya tinggal hari ini. Menit ini. Maka, apa yang sudah aku tulis untuk catatan amalku di yaumil akhir..?
Bahwa masih sangat sedikit meninggalkan ilmu yg kupunya untuk orang lain, itu pun jika tak habis untuk membayar dosa-dosa ku.. Maka apa yang tersisa..

Hari ini, aku berjibaku, bersikutan, berkejaran dengan menit dalam hidupku.
Masih menghitung-hitung, dalam bentangan hari-Nya, karunia-Nya,
apa yang sudah aku persembahkan untuk hidup ini..?
Apa yang sudah aku lakukan untuk mashalat orang banyak..?

Jika malam-malam sepi dari mujahadah kepada-Nya, jika malam-malam sejadah meringkik usang dipojok kamar, jika target syukur pun tak lebih baik dari hari kemarin..?
Apa.. apa yang bisa kubanggakan dari hidupku..?
Apa yang bisa kuhanturkan sebagai syukurku pada-Mu duhai Rabb..?

Ya, aku rindu, sekaligus iri dengan mereka. Para penebar ilmu Allah. Para penebar kebaikan dan memberi manfaat yang banyak untuk orang lain.
Aku ingin walau dengan tubuh ringkih, aku ingin memberi catatan indah ketika nafas terakhir dicabut oleh-Nya. Aku ingin menggoreskan makna dalam hidup yang sangat singkat ini.

Berkaca dari mereka. Berkaca dari orang-orang sholih itu. Mengejar kembali ketertinggalan. Bahwa hidup harus berbenah.

Jika engkau bisa, jadilah seorang ulama. Jika engkau tidak mampu, maka jadilah penuntut ilmu. Bila engkau tidak bisa menjadi seorang penuntut ilmu, maka cintailah mereka. Dan jika kau tidak mencintai mereka, janganlah engkau benci mereka.” (Umar bin Abdul Aziz)

Hidup harus bergerak. Untuk Sang Maha Pemberi Hidup.

Rabbul 'Izzati.

Bismillah.

**********
Datang sudah hari ini,
Hari dimana dulu aku dilahirkan
Hari dimana orang tertawa sekaligus haru
Menjelang perkenalanku dengan dunia ini

Hari ini aku mengenang kembali
Kerikil-kerikil tajam yang memperkaya arti hidupku
Manisnya madu cerita hidup yang membuat senyumku lepas..

Akhirnya aku tahu
Bahwa dalam cerita hidup, ada manis ada pahit
Ada juga penolakan, ada penerimaan

Lalu akhirnya aku belajar,
Menerima dengan seluas hatiku
Membuatku lebih bahagia, lebih menghargai hidup
Melihat hidup sesuai dengan usiaku..

--------------------------------------
--------------------------------------

Hari hari lewat, pelan tapi pasti
Hari ini aku menuju satu puncak tangga yang baru
Karena aku akan membuka lembaran baru
Untuk sisa jatah umurku yang baru…

Daun gugur satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah
Umurku bertambah satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah

Tapi… coba aku tengok kebelakang
Ternyata aku masih banyak berhutang
Ya, berhutang pada diriku…
Karena ibadahku masih pas-pasan…

Kuraba dahiku…
Astagfirullah, sujudku masih jauh dari khusyuk
Kutimbang keinginanku….
Hmm… masih lebih besar duniawiku

Ya Allah….
Akankah aku masih bertemu tanggal dan bulan yang sama di tahun depan?
Akankah aku masih merasakan rasa ini pada tanggal dan bulan yang sama di tahun depan?
Masihkah aku diberi kesempatan?

Ya Allah….Tetes airmataku adalah tanda kelemahanku
Rasa sedih yang mendalam adalah penyesalanku
Astagfirullah…

Jika Engkau ijinkan hamba bertemu tahun depan
Ijinkan hambaMU ini, mulai hari ini lebih khusyuk dalam ibadah…
Timbangan dunia dan akhirat hamba seimbang…
Sehingga hamba bisa sempurna sebagai khalifahMu…

Hamba sangat ingin melihat wajahMu di sana…
Hamba sangat ingin melihat senyumMu di sana…
Ya Allah,
Ijikanlah…..

No comments:

Post a Comment