Pages

Benarkah aku mencintai-Mu?

Benarkah aku mencintai-Mu?
ketika bertemu dengan-Mu...
mataku berpaling dari sudut sujudku
ketika berbicara dengan-Mu
hatiku membisu ...
tak ada bekas rindu kepada-Mu

Benarkah aku mencintai-Mu?
ketika tak ada lagi ingin tuk bertemu
enggan berbicara dalam bahasa do'a
penaut cinta dalam hati seorang hamba kepada tuhannya
shalat dalam wajib dan sunnahnya

Benarkah aku mencintai-Mu?
hanya mengingat-Mu ketika ada perlu
terjerembab dalam tantangan hidupku
hanya berdzikir akan-Mu ketika luang waktuku
tak ada catatan dalam daftar "schedule" acara pentingku

Benarkah aku mencintai-Mu?
ketika aku bertanya ..., istikhoroh kepada-Mu
aku tak ikhlash dengan jawaban-Mu
aku tak sabar ... ikhtiar di jalan-Mu
aku tak menghindar dari potensi "nafsu"ku
aku tak mengikuti tuntunan Nabi-Mu
Menghambakan diri ... pada kekhawatiran semu ...

Benarkah aku mencintai-Mu?
ketika Engkau tarik tanganku ...
saat jatuh dalam kejahiliaan dan kejahilanku
ketika Engkau terangi hatiku ...
dengan hikmah dalam nikmat dan adzab-Mu
dalam ajaran mulia ..., tentang umat terdahulu
dan aku ... berpaling dari-Mu

Benarkah aku mencintai-Mu?
Ketika aku tak menepati janjiku ...
tuk bertemu dengan-Mu, di lima waktu-Mu
ketika aku tak lagi membaca surat Cinta-Mu
dalam Alquran dan sunnah Nabi-Mu

Benarkah aku mencintai-Mu?
Ketika aku tak lagi kaya ... tuk bekal ibadahku
melanggengkan kemesraanku dengan-Mu
ketika aku hanya sibuk memikirkan kebahagiaanku
lupa akan fakir miskin dan yatim ... yang juga Cinta-Mu

Benarkah aku mencintai-Mu?
Jika aku tak rela berkorban untuk-Mu
menawarkan segala yang melekat di jiwa dan ragaku
menuangkan segala rasa dan asaku
cinta ... yg tak sekedar tersimpan dalam kalbu

Benarkah aku mencintai-Mu?
Ketika ilmu yang Engkau hadiahkan ...
membuatku lupa akan siapa yang memberikan?
membuatku terlena akan kehebatan Pencipta Alam
membuatku puas ... tanpa titik akhir ke-Esaan

Benarkah aku mencintai-Mu?
jika tak cinta kepada yang Engkau cintai
Jika tak berusaha keras ..., meraih kesempatan yang Engkau beri
jika tak menjaga cinta yang Engkau tanam dalam diri ini
jika tak menghargai nikmat yang Engkau curahkan dalam kehidupan ini

cinta-Mu tulus ...
cinta-Mu tak mengenal siapa aku
hanya taqwaku ...
lebih dari materi ...
melewati batas-batas ruang dan waktu

Sungguh berdosa bagiku ...
tuk menduakan-Mu
tuk berpaling dari-Mu
tuk berdiam diri, tak menjawab cinta-Mu

Aku hamba-Mu yang hina
Engkau beri benih cinta
Nikmat dunia beserta semua isinya
Nikmat akhirat beserta segala keutamaanNya

Astaghfirulloh ....
Dengan segenap benih cinta yang Engkau beri
ku haturkam shalat, ibadah, hidup dan mati ini
tuk menjawab cinta-Mu ...
bersyukur dan bertasbih ...
berdzikir dalam fikir ...
Menebar rahmat di bumi ini
hanya untuk-Mu ...., ikhlash karena-Mu

Asyhadu an-laa ilaaha illalloh
wa anna muhammadan-rosululloh ...
ijinkan aku ...
tuk senantiasa perbaruhi imanku ...,
keteguhan cintaku pada-Mu
dalam ucap, langkah fikir dan dzikirku

====================
muhasabah cinta. Semoga Allah memberikan petunjuk,
pertolongan dan  Ridho dalam cinta-Nya tuk kita semua. Amin.

No comments:

Post a Comment